Pengembangan Pasar Bagi Peningkatan Perekonomian Masyarakat: Sosialisasi Kajian Kawasan dan Arsitektur Pasar Bagi Kabupaten Tangerang

Authors

Abstract

Makalah ini membahas program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Sosialisasi Kajian Kawasan dan Arsitektur Pasar yang dilaksanakan oleh Tim Arsitektur Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bagi Bappeda Kabupaten Tangerang dalam upaya mendukung revitalisasi pasar rakyat. Materi sosialisasi adalah hasil penelitian pada beberapa pasar di Indonesia, seperti Pasar Semat Sari, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Kutabumi, dan Pasar Modern BSD yang telah dilaksanakan oleh Tim Mahasiswa Arsitektur UMN dalam mata kulah Seminar. Metodologi program PKM mencakup kajian hasil penelitian, penyusunan bahan sosialisasi, melakukan presentasi, dan evaluasi program. Penelitian menunjukkan terdapat berbagai masalah krusial dalam penyelenggaraan pasar. Maka dalam sosialisasi kepada pemerintah daerah disampaikan aspek-aspek yang perlu menjadi perhatian dalam pengembangan pasar, di antaranya ergonomisitas, dampak perluasan aktivitas pasar terhadap lingkungan, dan tata ruang pasar dalam alur operasional pasar. Hasil kajian kemudian disusun menjadi buku referensi sebagai pengetahuan pendukung untuk dibagikan kepada masyarakat luas. Program PKM ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara akademisi dan pemerintah dalam mengembangkan solusi yang terpadu sebagai langkah meningkatkan perekonomian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Pengembangan Pasar Bagi Peningkatan Perekonomian Masyarakat: Sosialisasi Kajian Kawasan dan Arsitektur Pasar Bagi Kabupaten Tangerang. (2024). Aikom: Jurnal Abdi Insan Komunikasi, 1(2). https://jurnal.ilkom.web.id/index.php/aikom/article/view/11